KENAPA IDEOLOGI PANCASILA TIDAK BISA MENJADIKAN INDONESIA NEGARA MAJU ?

KENAPA IDEOLOGI PANCASILA TIDAK BISA MENJADIKAN
INDONESIA NEGARA MAJU ?




Itulah salah satu pertanyaan yang dilontarkan kepada kami saat diskusi mengenai kewarganegaraan berlangsung, pertanyaan yang menarik untuk dijawab. 

Negara maju merupakan negara yang mempunyai sumber daya manusia yang mumpuni dalam hal ini adalah kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam membangun negaranya sehinga memiliki standar hidup yang tinggi dan perekoniman yang merata.

Proses perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia sendiri terbilang lambat, diabad 16, 17, dan 18 bangsa-bangsa Eropa telah melakukan berbagai macam riset pengembangan ilmu pengetahuan sedangkan Indonesia baru mengenal ilmu pengetahuan diakhir abad ke 19, proses lahirnyapun disajikan oleh bangsa-bangsa asing melalui penjajahan. Sehingga dalam proses perkembanganya tidak terlepas dari campur tangan asing, hal tersebut menjadikan pengelolaan sumber daya alam pada akhir abad ke 19 hingga saat ini masih saja dikuasai oleh asing.

Nah, kenapa ideologi pancasila tidak bisa menjadikan Indonesia negara maju ?
Jawabannya adalah Indonesia pada dasarnya terlambat mengenal yang namanya ilmu pengetahuan, sedangkan pancasila adalah pedoman dasar agar pengetahuan yang diperoleh dapat dimanfaatkan dengan bijaksana dan sesuai norma-norma yang berlaku di Indonesia. Pancasila bukan menjadi alasan mendasar berkembang atau majunya Negara Indonesia tetapi pancasila berperan sebagai alaram untuk menfilter segala ilmu pengetahuan dan paham yang masuk ke Indonesia.

Berdasarkan uraian di atas tidak menutup kemungkinan Indonesia menjadi negara maju asalkan kemandirian bangsa ini harus dimulai sejak dini, agar liberalisme dan kapitalisme tidak menyebar secara kolektif di Negara Indonesia tercinta.


Comments

Popular posts from this blog

Konfrensi Pemuda sebagai Solusi Awal Pembentukan Komunitas Pemberdayaan Anak Jalanan melalui Pendidikan

Kerja Bakti